Senin, 03 November 2014

Menghilangkan Kebiasaan buruk pada anak

Anak- anak cenderung memiliki kebiasaan buruk seperti tingkahnya yang tidak sopan, malas belajar, sering menyentak orang lain dan sebagainya, sebenarnya kebiasaan buruk yang mengubah karakter si anak ini tidak datang dari dalam diri si anak, namun biasanya karena pengaruh atau dampak dari orang lain. Jika hal ini terus dibiarkan, si anak pun akan berubah menjadi anak yang nakal dan menyebabkan pengaruh buruk juga bagi teman- temannya yang lain.

Seorang anak membutuhkan perhatian yang lebih dari orang tuanya, apalagi ketika dia menginjak masa- masa remaja, dimana emosinya cenderung menjadi labil. Anak yang kehilangan bimbingan dari orang tuanya bisa membuat anak itu terjatuh ke dalam pergaulan yang buruk yang akhirnya membuat si anak menjadi memiliki kebiasaan dan sikap dan kepribadian yang buruk.
Kebiasaan buruk pada anak tentu bisa dihilangkan secara perlahan- lahan. Namun hal ini pastinya membutuhkan kesabaran yang ekstra dari orang tuanya, anak yang sudah terlanjur terbawa jauh ke dalam pergaulan yang buruk, akan lebih menyusahkan daripada anak- anak yang baru saja terpengaruh pergaulan yang buruk dari teman- temannya.

Kebiasaan buruk anak, biasanya yang di alami oleh anak laki- laki pada umumnya seperti terlalu sering bermain games, tidur selalu larut malam, seringnya berbicara kasar, seringnya menonton acara yang tidak pantas saat orang tuanya tidak ada, bahkan saat dia beranjak remaja, anak laki- laki cenderung jatuh ke dalam pergaulan di lingkungan luar yang buruk seperti seringnya merokok saat pulang sekolah bersama teman- temannya.

Hal ini tentu tidak dapat dibiarkan, untuk mengatasinya selain dibutuhkannya kembali perhatian dan bimbingan serta nasehat dari orang tua, juga dibutuhkan dukungan dari keluarga dan pendidikan yang baik dari guru- gurunya. Selain itu dibutuhkannya juga kesadaran dari anak itu sendiri betapa pentingnya masa depannya, sehingga kebiasaan buruk yang saat ini di lakukannya hanya akan merusak masa depannya. Anak juga harus di ajak untuk bergaul dengan teman- temannya yang baik dan dapat membawa anak itu ke dalam kepribadian yang baik.           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar