Senin, 03 November 2014

Mengajarkan Anak Untuk Merawat Hewan Peliharaan

Ada sebagian anak- anak yang menyukai hewan peliharaan, misalnya seperti kucing, kelinci, hamster, anjing, dan lain- lainnya. Seringkali hewan tersebut menjadi teman bermain bagi si anak. Anak itu akan lupa waktu ketika  dia sudah bermain bersama hewan peliharaannya tersebut. Ketika anak kita mulai menyukai hewan yang kita pelihara, kita juga harus mengajarkan kepada si anak tersebut untuk bisa merawat hewan peliharaannya tersebut.

Ada beberapa anak juga yang suka bermain dengan hewan peliharaannya, namun terkadang dia lupa untuk memberi makan kepada hewan peliharannya tersebut. Tentu hal ini tidak baik, karena hewan juga bisa jatuh sakit, saat dia tidak diberi makan untuk waktu yang lama. Ketika anak menyukai hewan yang dipeliharanya, dia juga harus bisa menjaga dan merawatnya dengan baik, seperti rajin untuk memberi makan hewan tersebut, hewan yang di pelihara di rumah biasanya memiliki jadwalnya ketika dia harus makan, pagi, siang maupun sore.


Kita ajarkan juga kepada anak untuk memandikan hewan tersebut dan mengeringkan bulunya, misalnya hewan kucing persia, kucing ini memiliki bulu yang lebat, yang bila tidak di rawat, bulunya akan menjadi rontok. Selain memberi makan dan memandikannya, anak juga harus bisa untuk menyayangi hewan peliharaannya. Ada sebagian anak yang ketika bermain dengan hewan peliharaannya dia malah menyiksa hewan tersebut, seperti mennghiasinya dengan pita- pita yang terlalu banyak, atau mengikatnya yang membuat hewan peliharaan itu menjadi tidak nyaman.

Hewan peliharaan merupakan mahluk Tuhan juga yang harus kita jaga dan kita rawat dengan baik. Ketika kita sudah memutuskan untuk memelihara hewan peliharaan, baik sebagai anjing penjaga atau teman bermain anak, maka kita juga memiliki tanggung jawab untuk merawatnya dan jangan sampai membuat hewan itu kelaparan. Majikan yang menelantarkan hewan peliharaannya sampai kelaparan tentu tidak baik, kita juga harus mengajarkan hal itu pada anak kita, hewan peliharaan tidak hanya bisa menjadi teman bermain, namun juga dapat menjadi penghibur saat sang anak sedang sedih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar